#ComicOfTheMonth Nov’12: Bintang Timur (@bintangbete)

Screen Shot 2012-12-08 at 1.23.13 AM

Ketika nama “Bintang” disebut oleh MC Adjis (@adjisdoaibu) & Awe (@awwe_), Bekasi Square meledak oleh sorak sorai. Bintang, comic asal Bekasi, dinobatkan sebagai juara Street Comedy 2, sebuah perhelatan 6 bulanan yang digelar oleh @StandUpIndo. Bintang yang malam itu relatif belum banyak dikenal orang, membombardir penonton dengan LPM yang mengerikan. Semua yang hadir menjadi saksi lahirnya fenomena baru.

Setengah tahun sudah berlalu sejak malam yang seru itu. Dan sekarang, Bintang sudah mulai menjadi bintang. Selain dipercaya menjadi pembuka di beberapa special show, Bintang juga sudah mulai sering nongol di Metro TV.

Salah satu alasan kenapa Bintang cepat naik daun adalah gaya komedinya yang unik. Bintang lepas dari pakem eksplorasi stand-up comedy yang biasanya membutuhkan waktu cukup banyak untuk menanamkan premis dan membangun set-up. Ibarat penyanyi, Bintang bernyanyi dengan gaya staccato. Hantaman-hantaman pendek yang patah. Atau mungkin mirip jab dalam tinju.

Seperti ini misalnya:

Gue mau nonton bola, berantem ama mamah. Rebutan remot. Remotnya ilang diumpetin.
Remotnya ketemu, tipinya ilang. Tipinya ketemu, antena ilang. Antena ketemu, mamah gua ilang. Udah ilang, bawa remot lagi. Semuanya ketemu, listrik mati. Listrik nyala, bolanya udah abis.

Coba hitung ada berapa titik tawa di dalam bit pendek barusan. Ajaib, memang. Pertama kali mendengar, mungkin penonton akan butuh waktu untuk mencerna keanehan pola ini. Tapi begitu sudah terbiasa, justru nonton Bintang itu terasa kayak jadi lumba-lumba sirkus yang terlatih, dan dia yang jadi pawangnya. Setiap hentakan, kita melompat. Setiap kalimat, kita tertawa.

Mau ga mau, gue jadi membandingkan Bintang dengan Kemal Palevi (@kemalpalevi). Mereka berdua sama-sama punya persona alami yang sulit dimengerti, yang bisa membuat penonton tertawa, lalu belakangan berpikir: “Asli tadi aneh abis, tapi kenapa gue ketawa ya?”

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai instruktur gitar ini juga sedikit mengingatkan gue akan Soleh (@solehsolihun) & Mongol (@mongol_stres). Tanpa perlu belajar teori, mereka sudah bisa secara instingtif melahirkan bit-bit yang sadis. Tapi bagi Bintang, ini semua masih merupakan awal. Akan sangat menarik untuk ditunggu, seperti apa Bintang dalam waktu satu tahun lagi. Ibaratnya, masi bayi aja udah lari, apalagi ntar kalo udah balita? Ge percaya, Bintang akan jadi salah satu comic papan atas Indonesia.

————————————————————————————————-

Nama: Andreas Bintang Timur
Tanggal Lahir: 25 Juli
Comic Favorit Internasional: –
Comic Favorit Indonesia: Sammy DP (@notaslimboy), Rindradana (@ponakannyaom), Adriano Qalbi (@adrianoqalbi), Insan Nur Akbar (@akbar___), Kukuh Adi (@kukuhya)

————————————————————————————————-

Advertisements

4 thoughts on “#ComicOfTheMonth Nov’12: Bintang Timur (@bintangbete)

  1. Wah!
    asli ngeri, tuh, multi-punchline-nya 😀
    Yang nggak kalah ngeri juga pas di awal penampilan dia cuma ngasih kata kunci (atau punchline?) dan penonton ketawa….
    1 lagi, Bintang (dan beberapa komika lain) juga udah mengubah pola LPM jadi TPL. Jadi tantangan berat buat komika lain ke depannya.
    Dijamin sukses buat ke depannya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s